Selasa, 18 Oktober 2011

MANFAAT KOMUNIKASI

MANFAAT KOMUNIKASI


Manfaat belajar ilmu komunikasi?
Sebelum membahas manfaat ilmu komunikasi perlu kita lihat terlebih dahulu arti penting dari komunikasi itu sendiri. Manusia merupakan manusi monodualisme. Pernyataan nini mengeandung makna bahwa manusia selain sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk individu, dirinya memeliki kpentingan pribadi, sedangkan sebagai makhluk sosial ia merupakan bagian dari suatu lingkuangan pergaulan sosial.
Dalam konteks manusia sebagai makhluk msosial, manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Oleh karena itu dalam menjalin hubungan dengan manusia lain, manusia memerlukan komunikasi.
Seorang muslim begitu bangun tidur mendengar adzan subuh dan melakukan shalat subuh, juga melakukan komunikasi, yaitu komunikasi antara dirinya dengan sang pencipta. Komunikasi disebut komunikasi transdental. Komunikasi ini bersifat personal. Ketika shalat terkadang seorang muslim meneteskan air mata, sambil memohon diperi petunjuk oleh Sang Pencipta. Shalat merupakan media komunikasi transdental, sehingga dirinya teringankan dari segala bebannya.
Manusia sejak lahir sudah berkomunikasi, contohnya seorang bayi dengan cara menaggis mengkomunikasikan keinginannya. Sebagai seorang ibu, yang memiliki naluri , ia pasti sudah mengerti maksud tangisan bayinya yang belum bicara, misalnya dengan segera memmberikan asi.
Dari apa yang dilakukan terbukti bahwa komunikasi yang dilakukan manusia , sebenarnya merupakan hal pokok dalam kehidupan manusia.
Melalui komunikasi orang dapat memmpengaruhi dan merubah sikap orang lain, membentuk konsensus, membuat keputusan. Dengan melihat contoh diatas kita dapat melihat eksistensi manusia dan hubungan sosialnya dengan lingkuangan sosialnya. Kualitas sosial manusia ditentukan bagaimana manusia itu berkomunikasi.
Komunikasi merupakan suatu hal yang paling penting dan merupakan aspek yang paling kompleks dalam kehidupan manusia. Kehidupan kita sehari hari sangat kuat dipengaruhi oleh komunikasi kita dengan orang lain maupun pesan pesan yang kita terima dari orang lain yang bahkan tidak kita kenal baik yang sudah hidup maupun sudah mati, dan juga komunikator yang dekat maupun jauh jaraknya. Karena itu komunikasi sangat vital untuk kehidupan kita, maka sudah sepatutnya komunikasi mendapat perhatian yang sungguh sungguh.
Komunikasi merupakan ilmu, karena struktur sebuah ilmu meliputi aspek aksiologi, epitomologi dan ontologi. Aksiologi mempertanyakan deminsi utilitas (faedah, peranan dan kegunaan). Epistomologi menjelaskan norma norma yang dipergunakan ilmu pengetahuan untuk membenarkan dirinya sendiri. Sedangkan ontologi mengenai struktur material dari ilmu pengetahuan. Komunikasi memenuhi semua aspek dari sebuah ilmu, oleh karena itu komunikasi bisa berdiri sendiri sebagai sebuah ilmu.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi memiliki arti penting dalam kehidupan. Dari hal tersebut pula dapat ditarik kesimpulan tentang manfaat belajar ilmu komunikasi.
Dalam berbicara manfaat belajar ilmu komunikasi tidak dapat dilepaskan dari filsafat ilmu komunikasi itu sendiri. Dalam secara umum kajian filsafat ilmu mencakup :
  1. Aspek Ontologis
  2. Aspek Epistomologi
  3. Aspek Aksiologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar